headline news

info : Pemerintah Menaikkan Harga BBM per 18 November 2014"

table of contents


Engineering Building http://www.facebook.com/groups/119799678179729/

KESELAMATAN DARI ARUS LISTRIK

EFEK SENGATAN LISTRIK

Akibat fatal dari sengatan listrik adalah kematian atau biasa disebut electrocution. Namun efek tidak fatal dari senggatan listrik (electric shock) juga cukup bervariasi.

Beberapa indikasi sengatan listrik

1. Efek pada jantung (Cardiac)

Arus AC 30-200mA dapat menyebabkan VF. Sementara arus diatas 5A dapat menyebabkan asystole. Efek lainnya adalah rusaknya pembuluh jantung (myocardial).

2. Efek pada otot tulang

Arus listrik lebih dari 15 -20 mA memunculkan gejala kontraksi yang hebat (tetanic contraction) yang menyebabkan tubuh sulit melepaskan diri darri sumber listrik mengakibatkan sindrome pelepasan lengan dan tulang belakang jika sengatan listrik mengenai lengan.

3. cedera otot

Thrombosis dan occlusion yang menghasilkan ischaemia dan necrosis

Yang terjadi pada lengan mengakibatkan kerusakan otot dan memerlukan amputasi.

4. Cedera susunan syaraf (Neurological injuries)

Dapat terjadi kerusakan terpusat atau sebagian dan seketika maupun jangka panjang. Jika sengatan listrik melewati kedua bahu, maka kerusakaan sumsum tulang belakang dapat teerjadi. Sementara sengatan listrik pada bagian kepala menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan, dan pengaruh jangka panjangnya seperti epilepsy, encephalopathy, dan Parkinsonism. Efek lain dari sengatan listrik juga mengakibatkan gagal ginjal, pecahnya gendang telinga (tegangan tinggi), katarak.

STATISTIK SENGATAN LISTRIK

Dari hasil penelitian tahun 2001 di amerika yang notabene memiliki standard keselamatan yang lebih tinggi dibandingkan kebanyakan negara berkembang ternyata memiliki cukup banyak kasus kematian yang disebabkan oleh sengatan listrik.

Dari kasus yang ada tersebut ternyata modus tertinggi disebabkan oleh penggunaan alat-alat rumah tangga yang sangat umum seperti AC, fan, bor listrik, kulkas, dst.

Dari data yang diambil dari National Center for Health Statistics, Consumer Product Safety Commission / EHHA diperoleh fakta sebagai berikut :

Tabel populasi kematian karena arus listrik

Tahun

Total Kasus Kematian

Kasus kematian karena Produk

Tingkat kematian per satu juta penduduk

Angka

Persentase

1995

560

230

41

0.9

1994

560

230

41

0.9

1993

550

210

38

0.8

1992

530

200

38

0.8

1991

630

250

40

1

1990

670

270

40

1.1

Dalam penelitian yang dilakukan oleh National Center for Health Statistics, Consumer Product Safety Commission/EHHA ternyata installasi kabel menduduki urutan pertama, yaitu 23% total kasus kematian, sementara penggunaan peralatan rumah tangga menyumbang 17% kasus kematian. Berikut tabel lengkap hasil survey EHHA :

Tabel Produk penyebab kematian karena arus listrik

Tipe Produk

Estimate

Percent

Total jumlah kematian

230

100%

Instalasi Kabel

53

23%

Peralatan rumah tangga

40

17%

Kipas angin

10


Microwave

10


Stop kontak

9


Lainnya

5


Peralatan kesehatan

4


Radio, televisi, dan tape

3


Perlengkapan Besar

33

14%

AC

16


Pompa/generator

8


Pemanas Listrik/Water heater

6


Kulkas/freezer

3


Antenna

24

10%

Lampu

20

9%

Tangga

15

7%

Perkakas Listrik

13

6%

Gergaji Listrik

5


Bor Listrik

3


Lainnya

5


Alat Berkebun

14

6%

Dari tabel diatas, didapati bahwa angka perkapita kasus kematian karena sengatan listrik semakin berkurang, hal ini dapat dimengerti karena kemajuan teknologi yang semakin aman dan pemahaman masyarakat yang tentu saja semakin tinggi.

Selain itu ternyata kasus kecelakaan karena listrik dapat terjadi dimana saja, bahkan sebagian besar berada di rumah/menggunakan perabot rumah tangga. Peralatan-peralatan yang tampak sangat sederhana dan sangat familiar, ternyata juga memiliki andil dalam membunuh manusia melalui arus listrik, seperti kipas angin, AC, kulkas, dan seterusnya.

Dengan demikian pemasangan pengaman tambahan pada instalasi rumah, kantor, dan seterusnya adalah mutlak untuk dapat meredam angka kematian.

Angka-angka yang tercatat di atas adalah angka kematian, sementara jumlah kecelakaan yang tidak berakibat kematian mungkin jauh lebih besar. Dan efek dari kecelakaan listrik juga cukup berat seperti dalam artikel sebelumnya.


4 comments:

son said...

Saya mendapat pengalaman: Instalasi kabel power 4 x 1 300 sqmm sepanjang l/k. 200 meter, ditempatkan diatas cable ladder. Salah satu kabelnya (phasa) meledak ditengah-tengah (panjang)
Pertanyaannya: Kena apa dan apa solusinya

Jat said...

Bro Son, aku mau coba urun rembuk. sebelum diberi tegangan apa kabelnya sudah dimeger. karena kabel tersebut ditempatkan di atas leader, meger kabel ke leader untuk memastikan tidak ada kebocoran.

son said...

sudah dlakukan megger dengan hasil baik. Kabel ini meledak setelah dipakai lebih kurang satu tahun operational kabel ini diletakan keempatnya rata mendatar dan di ikat menggunakan plastic tie wrap. Meledak pada salah satu phase nya

Anonymous said...

mohon info untuk vendor sarung tangan untuk high voltage, trima kasih

Post a Comment