headline news

info : TELAH TERBIT BUKU : "Perawatan Peralatan Teknis Dalam Gedung"

table of contents


Engineering Building http://www.facebook.com/groups/119799678179729/

Satuan Listrik

Satuan listrik mengacu pada sistem metrik yang banyak digunakan dalam berbagai sistem satuan di eropa. Satuan pokok dalam sistem metrik adalah meter, gram dan detik. Satuan meter merupakan panjang 1 batang logam standar, yaitu platina iridium yang disimpan di International Bureau, Paris.
Dari satuan panjang inilah muncul satuan volume (liter) dan massa (gram). Ketiga satuan tersebut saling terkait, digambarkan dalam sebuah kubus berisi air dengan ukuran 1desimeter kubik yang memiliki volume 1 liter dengan berat 1 kilogram. 1 meter setara dengan 39.37 inch atau 3.218 feet.


Berikut tadi adalah pengantar sejarah dari sistem satuan internasional (SI). Dalam perkembangannya, munculah sistem satuan listrik dan magnetik yang sekarang disebut dengan sistem satuan elektrik internasional (International Electric Unit). Terdapat empat satuan
pokok di dalamnya, yaitu ohm, ampere, meter dan detik. Ohm merupakan satuan untuk besaran tahanan atau resistansi yang didefinisikan sebagai tahanan dari sebuah konduktor murni dalam ukuran atau dimensi tertentu. Ampere adalah satuan untuk besaran arus listrik yang didefinisikan terjadi dalam suatu efek kimia dari arus listrik, sebagai besarnya jumlah perak yang terkumpul pada suatu elektroda yang dialiri arus listik dalam waktu tertentu tertentu.
Satuan elektrik yang lainnya muncul dan mengacu pada satuan-satuan tersebut (ohm, ampere, meter dan detik) dengan berbagai prinsip ilmu pengetahuan yang terkait. Untuk mengetahui definisi setiap satuan elektrik, dapat dilihat dalam uraian penjelasan berikut yang diambil dari kongres ilmu pengetahuan internasional dan secara umum digunakan dalam dunia kerja.
Satu ohm = besarnya tahanan dari suatu kolom logam mercury (pada suhu titik cair es atau 0°C) dengan tampang lintang seluas 1 milimeter persegi dan panjang 106.30 centimeter.
Satu ampere = besarnya arus listrik yang melewati larutan perak nitrat (dicampur air dengan komposisi tertentu) yang mampu memisahkan perak murni seberat 0.001118 gram dalam waktu 1 detik.
Satu volt = besarnya gaya gerak listrik (GGL) yang mampu menghasilkan arus listik sebesar 1 ampere dalam konduktor dengan resistansi sebesar 1 ohm.
Satu coulomb = jumlah muatan listrik atau elektron yang dipindahkan oleh arus listrik sebesar 1 ampere dalam waktu 1 detik.
Satu farad = kapasitas dari sebuah kondensor dengan beda potensial sebesar 1 volt yang mampu menyalurkan muatan listrik sebesar 1 coulomb.
Satu henry = besarnya induktansi pada suatu rangkaian yang mampu menimbulkan gaya gerak listrik (GGL) induksi sebesar 1 volt dan arus induksi yang besarnya 1 ampere setiap detiknya.
Satu watt = daya yang dikeluarkan oleh arus listrik sebesar 1 ampere pada beda potensial sebesar 1 volt.
Satu joule = energy yang dikeluarkan setiap detiknya oleh arus listrik sebesar 1 ampere pada beda potensial sebesar 1 volt.
Watt dan joule bukan satuan elektrik yang utama (bias disebut turunan), akan tetapi keduanya perlu dipejari keterkaitannya dengan satuan-satuan elektrik yang lainnya, karena perhitungan mengenai energi yang dibutuhkan dan daya yang dihasilkan dalam merupakan tahap yang penting dalam dunia kelistrikan.
Horse-power atau tenaga-kuda terkadang digunakan untuk satuan daya pada beberapa peralatan listrik. 1 tenaga-kuda setara dengan 746 watt.
Gram-calorie merupakan energy yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu 1 gram air sebesar 1°C. 1 gram-calories sebanding dengan 4,18 joule.
Satuan lain yang menyatakan jumlah muatan listrik selain coulomb adalah ampere-hour. Satuan ini menyatakan jumlah muatan listik yang dipindahkan oleh arus listrik sebesar 1 ampere dalam waktu 1 jam. 1 ampere-hour setara dengan 3.600 coulomb.
Satuan dari kapasitansi diantara adalah micro-farad = 10-6 farad (1 per 1.000.000 farad) dan pico-farad = 10-12 farad (1 per 1.000.000 micro-farad). 1 farad sendiri jarang dijumpai dalam kelistrikan karena ukuran tersebut terlalu besar untuk menyatakan besaran kapasitansi pada umumnya. Satuan lain yang kadang kala digunakan adalah satuan dengan sistem C.G.S., satuan elektro-statis yang menunjukkan nilai kapasitansi sering disebut dengan centimeter capacity yang setara dengan 1,11 micro-farad.
Satun induktansi yang digunakan secara umum adalah milli-henry = 10-3 henry (1 per 1.000 henry) dan micro-henry = 10-6 henry (1 per 1.000.000 henry). Satuan lain yang kadang kala digunakan adalah centimeter of inductance atau centimeter induktansi yang setara dengan 0,001 micro-henry (1 per 1.000 micro-henry).

0 comments:

Poskan Komentar