headline news

info : Pemerintah Menaikkan Harga BBM per 18 November 2014"

table of contents


Engineering Building http://www.facebook.com/groups/119799678179729/

Pengelolanaan Sewage Treatment Plant (STP)

Memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang berguna, adalah tindakan yang sangat bijaksana. Reuse atau menggunakan kembali hasil olahan limbah, ternyata dapat dilakukan tidak hanya untuk limbah kering saja, tetapi juga limbah cair.
Di beberapa gedung, air hasil pegelolaan dapat digunakan untuk menyiram tanaman, fasilitas pencucian mobil, adalah hasil air limbah yang telah diolah.
Merujuk Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 122 tahun 2005, tentang tata cara membuang air limbah ke saluran kota, maka pengelola gedung melakukan treatment, untuk mengolah air limbah yang ada. Tidak saja mengatasi persoalan limbah cair, menggunakan hasil olahan limbah, juga dapat menghemat pemakaian air yang semakin mahal.
Merujuk Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 122 tahun 2005, tentang tata cara membuang air limbah ke saluran kota, maka pengelola gedung melakukan treatment, untuk mengolah air limbah melalui proses recycling. “Proses recycling air limbah domestik atau Sewage Treatment Plant (STP) dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain  'Rotor disk atau Konventional/Extended aeration.
Rotor disk adalah sistem di mana pemberian oksigen bagi bakteri dengan cara membiakan bakteri yang menempel pada disk sehingga bakteri akan kontak dengan oksigen, sedang pada saat bakteri ada di dalam cairan mereka akan makan kotoran yang ada pada cairan tersebut.
Sementara Konventional/Extended aeration, suatu sistem di mana pemberian oksigen dilakukan dengan cara menyemburkan oksigen ke dalam cairan dengan mengunakan blower. Pada sistem ini diperlukan area yang luas.
Lebih jelasnya Teguh menjabarkan, me-ngenai tahap-tahap pengolahan air limbah melalui STP.

Tahap Pengolahan
  1. Pre  treatment. Pada tahap ini dilakukan pemisahan padatan berukuran besar ataupun grease,  agar tidak terbawa pada unit pengolahan selanjutnya, agar tercipta performa pengolahan yang optimal. Air dialirkan lewat inlet chamber di mana ada screen yang dapat menyaring benda padat. Selanjutnya air masuk ke grease trap yang berguna untuk memisahkan lemak yang dapat mengganggu proses biologi. Kemudian air akan menuju ke primary clarifier.
  2. Primary clarifier. Pada proses ini terjadi pemisahan partikel yang mengendap secara grafitasi (suspended solid) sehingga mengurangi beban pengolahan pada unit selanjutnya. Pada proses ini berguna untuk membuat aliran jadi lebih tenang dan aliran dapat stabil.
  3. Rotating Biological Contactor (RBC). Proses  pengolahan  yang di lakukan adalah  untuk menurunkan BOD (bio-chemical oxygen demand) dan COD (chemical oxygen demand) yang ada pada air limbah, sehingga dapat memenuhi kualitas air yang layak untuk kita buang ke saluran kota, Pengolahan polutan dilakukan oleh mikroorganisma yang melekat pada permukaan disk yang berputar.  Perputaran ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan oksigen untuk kehidupan mikroorganisma dan mencegah terjadinya kondisi anaerob yang dapat menimbulkan bau. Pada saat disk berputar terjadi kontak biomass yang dengan oksigen pada saat disk menyembul di permukaan dan terjadi kontak pada material organik yang ada pada air limbah untuk menjadi makanan  pada saat disk terendam. Jadi bila disk terlihat kotor jangan dibersihkan karena sebenarnya itu adalah bakteri.
  4. Final Clarifier. Unit ini berfungsi sebagai clarifier akhir untuk mengendapkan partikel-partikel  yang masih belum terendapkan, serta   biomass yang telah mati.
  5. Disinfeksi. Pada proses ini dilakukan penginjeksian chlorine yang bertujuan membunuh bakteri-bakteri patogen yang ada.
  6. Effluent Tank. Air yang telah kita olah akan dialirkan menuju effluent tank untuk selanjutnya dibuang pada saluran kota. Sebagian air ini dapat kita proses lagi untuk keperluan recycling yang dapat kita gunakan untuk menyiram taman dan air cuci kendaraan.
  7. Sand  Filter. Air dari effluent tank kita alirkan ke sand filter menggunakan pompa, pada proses ini air akan di saring oleh pasir silika yang berfungsi menyaring padatan yang masih terbawa pada sistem, dan juga untuk menurunkan kekeruhan yang ada.  Pada proses ini yang harus di perhatikan adalah perbedaan tekanan aliran masuk dan keluar. Bila tekanan lebih dari  tekanan yang ditentukan, maka perlu kita lakukan proses back washing. Yang berfungsi untuk mencuci kembali sand filter yang ada.
Setelah melewati proses di atas maka diharapkan kadar BOD dan COD dapat memenuhi standar air buang yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga air buangan kita tidak mencemari lingkungan. Sedangkan proses pengolahan kembali akan membuat kita ikut menjaga kelestarian alam dengan melakukan penghematan air, dengan demikian akan ikut melestarikan lingkungan hidup kita.
Perawatan STP
  1. Periksa harian kondisi basket screen dan bila ada kotoran bersihkan, hal ini agar aliran air limbah dapat lancar ke proses STP.
  2. Bersihkan grease trap dari lemak. Apa-bila terlalu lama maka lemak akan mengeras. Dan bisa menyebabkan bau, jika pemakaian atau kapasitas air limbah besar maka bisa kita lakukan pengangkutan lemak secara harian.
  3. Pengangkutan lumpur kita lakukan setahun sekali atau dua kali tergantung beban limbah.
  4. Pemeriksaan dan pemeliharaan rutin pompa, pompa submersible, gearbox, penambahan pelumas pada bearing kita lakukan rutin 3 bulan sekali.
  5. Pengecekan rantai dan komponen transmisi yang ada tiap 3 bulan sekali.
  6. Backwash sand filter dan karbon filter setiap minggu atau menurut kondisi filter yang ada, hal ini dapat kita lihat dari tekanan pada pressure gauge.
  7. Pengecekan air limbah ke BPLH tiap 3 bulan sekali.

30 comments:

Anonymous said...

mantap

Edi kusrax said...

lanjutkan..

Unknown said...

tolong dong pak gambar detailnya untuk instalasi stp dari awal sampai akhir, mohon dikirimkan ke e-mail saya di herlandomaikel@yahoo.co.id tks

Unknown said...

Mantap...

Anonymous said...

Mantup

iwan said...

Mantaffff gan, buat tambah ilmu
Txs for sharing

Unknown said...

tolong dong pak gambar detailnya untuk instalasi stp dari awal sampai akhir, dan cara untuk penentuan kapasitas STP berdasarkan jumlah limbah yang dihasilkan agar saya bisa memperkirakan untuk kapasitas yang berbagai maca.
mohon dikirimkan ke e-mail saya di rizky_marvin@yahoo.com

terimakasih

Unknown said...

Bakteri ECOTRU , merupakan Bakteri yang menggunakan teknologi hijau (ECO Green), dan telah melewati sertifikasi Lab di Thailand sebagai salah satu bakteri pengurai limbah organik berbasis enzim yang menggunakan teknologi hijau yang aman dan ramah lingkungan.

Bakteri ECOTRU bermanfaat untuk :
- Menghilangkan bau busuk yang berasal dari limbah rumah tangga dan perusahaan
- Menurunkan angka Chemical Oxygen Demand (COD)
- Menurunkan angka Biological Oxygen Demand (BOD)
- Menghilangkan Total Suspended Solid (TSS)

ECOTRU bekerja secara alami untuk menguraikan limbah Organik, sehingga meringankan beban limbah, menghilangkan bau busuk, mengurangi volume minyak lemak pada GREASE TRAP, sehingga aman dan ramah lingkungan, tidak berbahaya bagi tubuh serta mudah di aplikasikan.

ECOTRU telah teruji melalui lab sebagai salah satu bahan pengurai limbah organik yang sangat efektif, dan telah dibuktikan oleh beberapa klien kami seperti MC Donald's, RS Mitra Keluarga Group,dll.

memiliki dua jenis ukuran yaitu :
- ECOTRU 100 gr
- ECOTRU 1000 gr / 1 Kg

Perhitungan dosis :
tiap 10 m3 cukup menggunakan 5 gr ECOTRU

bisa di aplikasikan untuk kegunaan rumah tangga, Hotel, Apartment, Restaurant, Hospital, Office Building, dll.

Kontak :
Maulana Hakim 081318310604
office : 021-45876943

Unknown said...

tolong dong pak gambar detailnya untuk instalasi stp dari awal sampai akhir, dan cara untuk penentuan kapasitas STP berdasarkan jumlah limbah yang dihasilkan agar saya bisa memperkirakan untuk kapasitas yang berbagai macam dan bgmn cara menentukan kebutuhan oksigen utk bakteri.
mohon dikirimkan ke e-mail saya di anangkusnaedy@yahoo.com

Unknown said...

Bisa email kesaya detailnya.. denykato@gmail.com

Terima kasih

Unknown said...

Bisa email kesaya detailnya.. denykato@gmail.com

Terima kasih

PT. Gowima Bangun Sejahtera said...

Thanks infonya gan, mantabbbbssss.........
Ditunggu postingan2 berikutnya.

Water Chemical Solution
Water Treatment Plant

parlinggoman_1982 said...

Saat ini limbah lemak gedung sdh termasuk B3? Apa betul? Mohon pencerahannya..

Unknown said...

kami memproduksi sistem STP dg menggunakan bio tank (tanki) dan extended (bak cor)
info lebih lanjut
088809703231

Unknown said...

salam SUKSES untuk semua
Kami dapat membuat STP langsung di lokasi pemesan
sehingga bebas biaya pengiriman dan kesulitan tranportasi karena ukuran yang besar

081311397397
SUISO MARINE FIBREGLASS

www.fibermurah.com

Unknown said...

BioWaste Adalah pengurai limbah cair yg mengandung berbagai jenis enzim yang merupakan konsentrat dan mengandung jumlah cfu (colony floaming unit) yg sangat tinggi dg reactivation rate 95-98% mampu bekerja d ph 5-6, optimal d ph 7-8, mengandung bakteri strein fakultatif( dpt bekerja pada kondisi aerob n anaerob ) tahan terhadap deterjen dan beban berlebih.
Mampu bekerja pd kondisi cod dan tds tinggi, mampu menghilangkan bau busuk, mampu menurunkan bod dan cod hingga 80-95%.
Dapat digunakan pd industri, mall, hotel, rumah sakit, apartemen, restoran, rph dll
Produk BioWaste :
BioWaste WWTP untuk industri dan rumah sakit
BioWaste STP untuk domestik
BioWaste FOG untuk pengurai lemak/grease
BioWaste septic tank untuk septic tank
Minat hubungi

PT.Polystamino
Tlp.02129430770
Hp/Wa 0818835758
Www.polystamino.co.id
Email.sales@polystamino.co.id


Unknown said...

Hii semua para Engineering,
Salam kenal dr sy..

Jika di tempat bapak/ibu bekerja ada masalah dengan Ammonia, COD, BOD, TSS,TDS, Total Coliform, pH di STP/WTP/WWTP atau pada Grease Trap nya, bisa di informasikan ke saya.

Saya bekerja di Perusahaan Representative of Ecotru - bakteri bubuk untuk penanganan limbah cair hingga mencapai baku mutu.

Cara penggunaan yang sangat mudah, tidak memerlukan staff ahli, harga yang sangat terjangkau, dan hasil pencapaian baku mutu air yang sangat baik dan cepat ( Tidak perlu chemical lain, chlorine, atau penyedotan lemak atau grease sekalipun ).

Kami sudah bekerjasama dengan banyak Rumah Sakit, Office Building, IPLT, PKS, Restaurant, Hotel, Apartment, juga dengan Perusahaan Kontraktor Limbah lainnya.

Biological Treatment Solution for Waste Water.

Jika berminat, dengan senang hati dapat bertanya tanya dulu kpd saya. Terimakasih.,
Salam kenal dr sy..

Jika di tempat bapak bekerja ada masalah dengan Ammonia, COD, BOD, TSS,TDS, Total Coliform, pH di STP/WTP/WWTP atau pada Grease Trap nya, bisa di informasikan ke saya.

Saya bekerja di Perusahaan Representative of Ecotru - bakteri bubuk untuk penanganan limbah cair hingga mencapai baku mutu.

Cara penggunaan yang sangat mudah, tidak memerlukan staff ahli, harga yang sangat terjangkau, dan hasil pencapaian baku mutu air yang sangat baik dan cepat ( Tidak perlu chemical lain, chlorine, atau penyedotan lemak atau grease sekalipun ).

Kami sudah bekerjasama dengan banyak Rumah Sakit, Office Building, IPLT, PKS, Restaurant, Hotel, Apartment, juga dengan Perusahaan Kontraktor Limbah lainnya.

Biological Treatment Solution for Waste Water.

Jika berminat, dengan senang hati dapat bertanya tanya dulu kpd saya. Terimakasih.

PT.InnoMarks Global Indonesia
08788.999.2014
ims.globalindonesia@gmail.com

Unknown said...

Bisa email kesaya detailnya.. achmad.naufal264@gmail.com

Terima kasih

ecotru said...

Satu satunya produk di Indonesia Bakteri ECOTRU tidak ada duanya dalam menguraikan Minyak Lemak, Odor, Ammonia yang tidak mungkin sekalipun !

MSDS dan Lisence nya lengkap !
08788.999.2014

subana said...

Kalau untuk STP Industri kimiawi bagaimana ? Semisal Pabrik yang menghasilkan limbah berupa gas berbau yang mengganggu lingkungan ?

Biotech STP said...

Biotech Spesialis Pembuatan STP Berkualitas
For More Info :
Call / WA / SMS : 0822 8989 8118
www.septictankbiotech.co.id

fitokonveksi said...

Pengambilan air limbah ke lab untuk gedung akademik , berapa bulan dalam 1 th?

Unknown said...

Izin share

Unknown said...

Tes lab diwajibkan 12 kali dalam setahun Mas

Unknown said...

Lemak mengeras di stp? Tidak perlu diangkut tapi pake produk kami grace remover.. Lemak langsung hancur jadi benda cair.. Selesai.. Lebih hemat lebih praktis

Unknown said...

Literasi yg bagus.

Bisa diberikan proses dan instrument diagram yang lengkap utk Instalasi STP. Yang mencakup parameter parameter crusial yang ada dalam sistem STP.
Kebutuhan untuk monitoring dan control STP.
Mohon dapat dikirim di email saya: wisnu.te90@gmail.com
Terima kasih.

Tommy said...

Waste Water Treatment Plant
Waste Treatment Chemical adalah salah satu jenis pengolahan air limbah dari berbagai macam jenis water treatment lainnya untuk pengolahan air baku dan air limbah. Program ini didesain khusus untuk membantu pelanggan melindungi sistem dan lingkungan mereka, serta mematuhi peraturan pemerintah tentang pengolahan limbah.
Ada beberapa metode untuk pemisahan padatan dan cairan di perairan influen dan effluent. Metode mekanis meliputi sedimentasi, tegang, flotasi, dan penyaringan. Bahan kimia koagulasi dan flokulasi digunakan dalam proses pengobatan untuk klarifikasi air, pelunakan kapur, penebalan lumpur, dan penguraian dan pengeringan padatan. Selain itu, kami memiliki Waste Treatment Chemical khusus untuk kebutuhan air limbah dari berbagai industri, seperti: penghilangan logam berat, emulsi minyak / air, detokifikasi cat, pengendalian bau, dan penghancuran.
Harga Waste Water Treatment Plant
: CALL
TOMMY.K
(081310849918)

Syaripudin said...

Terima jasa pengurasan sampai stp clening, hubingin wa.085774163402

PT.BIOGIN FIBER TECH said...

Terima pesanan
Wwtp Ipal systam bioteknologi
0818909095

Tommy said...

Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

Salam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management

OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical

Post a Comment