headline news

info : Pemerintah Menaikkan Harga BBM per 18 November 2014"

table of contents


Engineering Building http://www.facebook.com/groups/119799678179729/

Mengatasi Drop Tegangan pada Camera CCTV





Salah satu upaya mengatasi drop tegangan pada camera adalah mengganti adaptor dengan rangkaian Adjustable DC Regulated Power Supply. Sebagaimana diketahui, masalah yang kerapkali muncul dalam instalasi camera adalah soal penempatan plug-in dimana kita jarang sekali mendapatkan sumber 220VAC di dekat camera, kecuali dengan menarik kabel listrTautanik ke titik itu. Penempatan adaptor atau power supply yang jauh mendatangkan masalah drop tegangan. Hal tersebut tampak pada analisa di bawah ini:




Arus camera adalah arus yang tercantum dalam brosur spesifikasi. Misalkan dalam spesifikasi dinyatakan 300mA@12VDC, maka pada tegangan 12VDC camera "memakan" arus sebesar 0.3A untuk operasionalnya.

Di sisi lain, kabel penghantar yang panjang akan memiliki apa yang disebut dengan resistansi dalam (disimbolkan dengan huruf r kecil). Sesuai dengan hukum Ohm, maka arus yang mengalir melalui satu nilai resistansi akan membangkitkan tegangan sebesar arus (I) dikali nilai resistansi itu (r). Ilustrasi di atas memperlihatkan kabel merah-hitam yang biasa dipakai pada instalasi alarm dan PABX, kali ini dipakai untuk menyuplai tegangan camera pada jarak 30m. Misalkan, pada kabel merk tertentu diperoleh nilai r sebesar 3 ohm, maka tegangan drop yang terjadi di satu kabel adalah: arus camera dikali resistansi kabel, yaitu 0.3A x 3 ohm = 0.9 Volt. Jika dijumlahkan, maka untuk jarak 30m, tegangan adaptor plug-in sudah berkurang sekitar 1.8 VDC. Akibatnya, tegangan di camera sebenarnya hanya sekitar 10,2 volt saja. Inilah problematika yang mungkin pernah kita hadapi.

Pada bahasan selanjutnya, kami akan menjelaskan solusi alternatif dalam mengatasi masalah yang "klasik" ini. Salah satunya adalah dengan memakai rangkaian adjustable DC regulated power supply. Kendati belum dijelaskan secara detail, namun diagram di atas kiranya sudah memberikan gambaran yang gamblang mengenai apa yang dimaksud. Namun, jika belum jelas, nantikanlah posting kami selanjutnya seputar masalah ini, termasuk bagaimana cara praktis untuk mengetahui resistansi kabel yang dipasang.

8 comments:

kameracctv said...

terimakasih mas untuk pemaparannya buat kameracctv, tapi ada satu hal yang saya masih bingung cctv saya juga drop tapi saya ganti adaptornya masih tetap begitu apa masih ada solusi lain?
terimakasih

Dadan Hadiansyah said...

Terimakasih atas infonya Pak, salam sukses selalu

Unknown said...

Untuk mengambil jalan pintas banyak yang mempergunakan kabel coaxial yang dilengkapi dengan kabel power kecil, akibatnya dengan jarak agak jauh tegangan akan drop, lalu kualitas gambar menurun, bahkan bergelombang atau berbintik. Padahal sebenarnya ada alat yang namanya POC (Power Over Coaxial) dimana arus 12V dialirkan menjadi 1 dengan Video, keuntungannya adalah tidak lagi dibutuhkan adaptor 12V disetiap camera, jarak camera ke DVR bisa hingga 800 meter tanpa drop tegangan, gambar akan lebih tajam, Hanya saja banyak penjual CCTV yang tidak mengetahui adanya perangkat seperti ini.

Rizal Abdi said...

saya pake kabel utp cat5e konektor balun video. yg saya tanyakan klo saya pakek psu sentral (power suplay tunggal) gambar menjadi bergelombang, ketika pake 1 adaptor 1 cam gambar bagus. sedangakan pake PSU sentral hanya 2 cam gambar bergelombang.. mohon pencerahan...

Unknown said...

MAAF GAN MAU TANYA GIMANA CARA MENGHITUNG WATT KAMERA PER UNIT UNTUK KEMERA 2MP
MKSH.

Edot said...

Nyimak

Edot said...

Nyimak

Overisa Blogs said...

wow..keren..https://powerline.co.id/harga-genset/

Post a Comment