Dalam pengoperasiannya, suatu instalasi GenSet memerlukan sistem pendukung agar dapat bekerja dengan baik dan tanpa mengalami gangguan. Secara umum sistem-sistem pendukung tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1. Sistem Pelumasan
2. Sistem Bahan Bakar
3. Sistem Pendinginan
1. Sistem Pelumasan
Untuk mengurangi getaran antara bagian-bagian yang bergerak dan untuk membuang panas, maka semua bearing dan dinding dalam dari tabung-tabung silinder diberi minyak pelumas.
Cara Kerja Sistem Pelumasan
Minyak tersebut dihisap dari bak minyak 1 oleh pompa minyak 2 dan disalurkan dengan tekanan ke saluran-saluran pembagi setelah terlebih dahulu melewati sistem pendingin dan saringan minyak pelumas. Dari saluran-saluran pembagi ini, minyak pelumas tersebut disalurkan sampai pada tempat kedudukan bearing-bearing dari poros engkol, poros jungkat dan ayunan-ayunan. Saluran yang lain memberi minyak pelumas kepada sprayer atau nozzle penyemperot yang menyemprotkannya ke dinding dalam dari piston sebagai pendingin. Minyak pelumas yang memercik dari bearing utama dan bearing ujung besar (bearing putar) melumasi dinding dalam dari tabung- tabung silinder.
Minyak pelumas yang mengalir dari tempat-tempat pelumasan kemudian kembali kedalam bak minyak lagi melalui saluran kembali dan kemudian dihisap oleh pompa minyak untuk disalurkan kembali dan begitu seterusnya.
Gambar 1. Sistem Pelumasan
1. Bak minyak
2. Pompa pelumas
3. Pompa minyak pendingin
4. Pipa hisap
5. Pendingin minyak pelumas
6. Bypass-untuk pendingin
7. Saringan minyak pelumas
8. Katup by-pass untuk saringan
9. Pipa pembagi
10. Bearing poros engkol (lager duduk)
11. Bearing ujung besar (lager putar)
12. Bearing poros-bubungan
13. Sprayer atau nozzle penyemprot untuk pendinginan piston
14. Piston
15. Pengetuk tangkai
16. Tangkai penolak
17. Ayunan
18. Pemadat udara (sistem Turbine gas)
19. Pipa ke pipa penyemprot
20. Saluran pengembalian
2. Sistem Bahan Bakar
Mesin dapat berputar karena sekali tiap dua putaran disemprotkan bahan bakar ke dalam ruang silinder, sesaat sebelum, piston mencapai titik mati atasnya (T.M.A.). Untuk itu oleh pompa penyemperot bahan bakar 1 ditekankan sejumlah bahan bakar yang sebelumnya telah dibersihkan oleh saringan-bahan bakar 5, pada alat pemasok bahan bakar atau injektor 7 yang terpasang dikepala silinder. Karena melewati injektor tersebut maka bahan bakar masuk kedalam ruang silinder dalam keadaan terbagi dengan bagian-bagian yang sangat kecil (biasa juga disebut dengan proses pengkabutan)
Didalam udara yang panas akibat pemadatan itu bahan bakar yang sudah dalam keadaan bintik-bintik halus (kabut) tersebut segera terbakar. Pompa bahan bakar 2 mengantar bahan bakar dari tangki harian 8 ke pompa penyemprot bahan bakar. Bahan bakar yang kelebihan yang keluar dari injektor dan pompa penyemperot dikembalikan kepada tanki harian melalui pipa pengembalian bahan bakar.
Gambar 2. Sistem bahan bakar
1. Pompa penyemperot bahan bakar
2. Pompa bahan bakar
3. Pompa tangan untuk bahan bakar
4. Saringan bahar/bakar penyarinnan pendahuluan
5. Saringan bahan bakar/penyaringan akhir
6. Penutup bahan bakar otomatis
7. Injektor
8. Tanki
9. Pipa pengembalian bahan bakar
10. Pipa bahan bakar tekanan tinggi
11. Pipa peluap.
3. Sistem Pendinginan
Hanya sebagian dari energi yang terkandung dalam bahan bakar yang diberikan pada mesin dapat diubah menjadi tenaga mekanik sedang sebagian lagi tersisa sebagai panas. Panas yang tersisa tersebut akan diserap oleh bahan pendingin yang ada pada dinding-dinding bagian tabung silinder yang membentuk ruang pembakaran, demikian pula bagian-bagian dari kepala silinder didinginkan dengan air. Sedangkan untuk piston didinginkan dengan minyak pelumas dan panas yang diresap oleh minyak pendingin itu kemudian disalurkan melewati alat pendingin minyak, dimana panas tersebut diresap oleh bahan pendingin.
Pada mesin diesel dengan pemadat udara tekanan tinggi, udara yang telah dipadatken oleh turbocharger tersebut kemudian didinginkan oleh air didalam pendingin udara (intercooler), Pendinginan sirkulasi dengan radiator bersirip dan kipas (pendinginan dengan sirkuit)
Cara Kerja Sistem Pendingin
Pompa-pompa air 1 dan 2 memompa air kebagian-bagian mesin yarg memerlukan pendinginan dan kealat pendingin udara (intercooler) 3. Dari situ air pendingin kemudian melewati radiator dan kembali kepada pompa-pompa 1 dan 2. Didalam radiator terjadi pemindahan panas dari air pendingin ke udara yang melewati celah-celah radiator oleh dorongan kipas angin. Pada saat Genset baru dijalankan dan suhu dari bahan pendingin masih terlalu rendah, maka oleh thermostat 5, air pendingin tersebut dipaksa melalui jalan potong atau bypass 6 kembali kepompa. Dengan demikian maka air akan lebih cepat mencapai suhu yang diperlukan untuk operasi. Bila suhu tersebut telah tercapai maka air pendingin akan melalui jalan sirkulasi yang sebenarnya secara otomatis.
Gambar 3. Sistem pendinginan (sistem sirkulasi dengan 2 Sirkuit)
1. Pompa air untuk pendingin mesin
2. Pompa air untuk pendinginan intercooler
3. Inter cooler (Alat pendingin udara yang telah dipanaskan)
4. Radiator
5. Thermostat
6. Bypass (jalan potong)
7. Saluran pengembalian lewat radiator
8. Kipas.
Susunan Konstruksi Pada Generator
Gambar 4. Sistem konstruksi Generator
1. Stator
2. Rotor
3. Exciter Rotor
4. Exciter Stator
5. N.D.E. Bracket
6. Cover N.D.E
7. Bearing ‘O’ Ring N.D.E
8. Bearing N.D.E
9. Bearing Circlip N.D.E
10. D.E.Bracket?Engine Adaptor
11. D.E.Screen
12. Coupling Disc
13. Coupling Bolt
14. Foot
15. Frame Cover Bottom
16. Frame Cover Top
17. Air Inlert Cover
18. Terminal Box Lid
19. Endpanel D.E
20. Endpanel N.D.E
21. AVR
22. Side Panel
23. AVR Mounting Bracket
24. Main Rectifier Assembly – Forward
25. Main Rectifier Assembly – Reverse
26. Varistor
27. Dioda Forward Polarity
28. Dioda Reverse Polarity
29. Lifting Lug D.E
30. Lifting Lug N.D.E
31. Frame to Endbracket Adaptor Ring
32. Main Terminal Panel
33. Terminal Link
34. Edging Strip
35. Fan
36. Foot Mounting Spacer
37. Cap Screw
38. AVR Access Cover
39. AVR Anti Vibration Mounting Assembly
40. Auxiliary Terminal Assembly
1. Sistem Pelumasan
2. Sistem Bahan Bakar
3. Sistem Pendinginan
1. Sistem Pelumasan
Untuk mengurangi getaran antara bagian-bagian yang bergerak dan untuk membuang panas, maka semua bearing dan dinding dalam dari tabung-tabung silinder diberi minyak pelumas.
Cara Kerja Sistem Pelumasan
Minyak tersebut dihisap dari bak minyak 1 oleh pompa minyak 2 dan disalurkan dengan tekanan ke saluran-saluran pembagi setelah terlebih dahulu melewati sistem pendingin dan saringan minyak pelumas. Dari saluran-saluran pembagi ini, minyak pelumas tersebut disalurkan sampai pada tempat kedudukan bearing-bearing dari poros engkol, poros jungkat dan ayunan-ayunan. Saluran yang lain memberi minyak pelumas kepada sprayer atau nozzle penyemperot yang menyemprotkannya ke dinding dalam dari piston sebagai pendingin. Minyak pelumas yang memercik dari bearing utama dan bearing ujung besar (bearing putar) melumasi dinding dalam dari tabung- tabung silinder.
Minyak pelumas yang mengalir dari tempat-tempat pelumasan kemudian kembali kedalam bak minyak lagi melalui saluran kembali dan kemudian dihisap oleh pompa minyak untuk disalurkan kembali dan begitu seterusnya.
Gambar 1. Sistem Pelumasan
1. Bak minyak
2. Pompa pelumas
3. Pompa minyak pendingin
4. Pipa hisap
5. Pendingin minyak pelumas
6. Bypass-untuk pendingin
7. Saringan minyak pelumas
8. Katup by-pass untuk saringan
9. Pipa pembagi
10. Bearing poros engkol (lager duduk)
11. Bearing ujung besar (lager putar)
12. Bearing poros-bubungan
13. Sprayer atau nozzle penyemprot untuk pendinginan piston
14. Piston
15. Pengetuk tangkai
16. Tangkai penolak
17. Ayunan
18. Pemadat udara (sistem Turbine gas)
19. Pipa ke pipa penyemprot
20. Saluran pengembalian
2. Sistem Bahan Bakar
Mesin dapat berputar karena sekali tiap dua putaran disemprotkan bahan bakar ke dalam ruang silinder, sesaat sebelum, piston mencapai titik mati atasnya (T.M.A.). Untuk itu oleh pompa penyemperot bahan bakar 1 ditekankan sejumlah bahan bakar yang sebelumnya telah dibersihkan oleh saringan-bahan bakar 5, pada alat pemasok bahan bakar atau injektor 7 yang terpasang dikepala silinder. Karena melewati injektor tersebut maka bahan bakar masuk kedalam ruang silinder dalam keadaan terbagi dengan bagian-bagian yang sangat kecil (biasa juga disebut dengan proses pengkabutan)
Didalam udara yang panas akibat pemadatan itu bahan bakar yang sudah dalam keadaan bintik-bintik halus (kabut) tersebut segera terbakar. Pompa bahan bakar 2 mengantar bahan bakar dari tangki harian 8 ke pompa penyemprot bahan bakar. Bahan bakar yang kelebihan yang keluar dari injektor dan pompa penyemperot dikembalikan kepada tanki harian melalui pipa pengembalian bahan bakar.
Gambar 2. Sistem bahan bakar
1. Pompa penyemperot bahan bakar
2. Pompa bahan bakar
3. Pompa tangan untuk bahan bakar
4. Saringan bahar/bakar penyarinnan pendahuluan
5. Saringan bahan bakar/penyaringan akhir
6. Penutup bahan bakar otomatis
7. Injektor
8. Tanki
9. Pipa pengembalian bahan bakar
10. Pipa bahan bakar tekanan tinggi
11. Pipa peluap.
3. Sistem Pendinginan
Hanya sebagian dari energi yang terkandung dalam bahan bakar yang diberikan pada mesin dapat diubah menjadi tenaga mekanik sedang sebagian lagi tersisa sebagai panas. Panas yang tersisa tersebut akan diserap oleh bahan pendingin yang ada pada dinding-dinding bagian tabung silinder yang membentuk ruang pembakaran, demikian pula bagian-bagian dari kepala silinder didinginkan dengan air. Sedangkan untuk piston didinginkan dengan minyak pelumas dan panas yang diresap oleh minyak pendingin itu kemudian disalurkan melewati alat pendingin minyak, dimana panas tersebut diresap oleh bahan pendingin.
Pada mesin diesel dengan pemadat udara tekanan tinggi, udara yang telah dipadatken oleh turbocharger tersebut kemudian didinginkan oleh air didalam pendingin udara (intercooler), Pendinginan sirkulasi dengan radiator bersirip dan kipas (pendinginan dengan sirkuit)
Cara Kerja Sistem Pendingin
Pompa-pompa air 1 dan 2 memompa air kebagian-bagian mesin yarg memerlukan pendinginan dan kealat pendingin udara (intercooler) 3. Dari situ air pendingin kemudian melewati radiator dan kembali kepada pompa-pompa 1 dan 2. Didalam radiator terjadi pemindahan panas dari air pendingin ke udara yang melewati celah-celah radiator oleh dorongan kipas angin. Pada saat Genset baru dijalankan dan suhu dari bahan pendingin masih terlalu rendah, maka oleh thermostat 5, air pendingin tersebut dipaksa melalui jalan potong atau bypass 6 kembali kepompa. Dengan demikian maka air akan lebih cepat mencapai suhu yang diperlukan untuk operasi. Bila suhu tersebut telah tercapai maka air pendingin akan melalui jalan sirkulasi yang sebenarnya secara otomatis.
Gambar 3. Sistem pendinginan (sistem sirkulasi dengan 2 Sirkuit)
1. Pompa air untuk pendingin mesin
2. Pompa air untuk pendinginan intercooler
3. Inter cooler (Alat pendingin udara yang telah dipanaskan)
4. Radiator
5. Thermostat
6. Bypass (jalan potong)
7. Saluran pengembalian lewat radiator
8. Kipas.
Susunan Konstruksi Pada Generator
Gambar 4. Sistem konstruksi Generator
1. Stator
2. Rotor
3. Exciter Rotor
4. Exciter Stator
5. N.D.E. Bracket
6. Cover N.D.E
7. Bearing ‘O’ Ring N.D.E
8. Bearing N.D.E
9. Bearing Circlip N.D.E
10. D.E.Bracket?Engine Adaptor
11. D.E.Screen
12. Coupling Disc
13. Coupling Bolt
14. Foot
15. Frame Cover Bottom
16. Frame Cover Top
17. Air Inlert Cover
18. Terminal Box Lid
19. Endpanel D.E
20. Endpanel N.D.E
21. AVR
22. Side Panel
23. AVR Mounting Bracket
24. Main Rectifier Assembly – Forward
25. Main Rectifier Assembly – Reverse
26. Varistor
27. Dioda Forward Polarity
28. Dioda Reverse Polarity
29. Lifting Lug D.E
30. Lifting Lug N.D.E
31. Frame to Endbracket Adaptor Ring
32. Main Terminal Panel
33. Terminal Link
34. Edging Strip
35. Fan
36. Foot Mounting Spacer
37. Cap Screw
38. AVR Access Cover
39. AVR Anti Vibration Mounting Assembly
40. Auxiliary Terminal Assembly
Tags:
83 comments:
suhu mau nanya nih genset merek MAN 250KVA menggunakan oli mesran B...... nah yang saya ingi tanya kapankah oli mesi harus saya ganti lagi....(cara perhitungannya)
mungkin suhu bisa / berkenan untuk memberikan pencerahannya
haddidian1980@gmail.com
makasih
Penggantian Oil genset standar 250 jam nyala atau 6 bulan sekali, kalau duluan bulanannya dan biasanya dilakukan penggantian filter Oil dan Filter Solar.
makasih banyak bos......
Numpang tanya bos..klo buat 1 bln sekali,genset buat pabrik,itu apa2 aja y bos biasanya yg buat di maintenance.....Genset nya buat Pabrik Skala sedang
ada info untuk genset merc:SACM
Type:V16CSHR
Kapasitas:1600KVA
mohon bantuannya
genset merk apa itu ya pak?
yaitu mernyaa SACM,tahunnya sekitar 1985an,ada?
gmn cara mengatasi masalah power generator atau genzet yg drop
Terima kasih untuk info2nya pak Taufan.
Saat ini saya punya masalah di Genset dengan merk Stamford-Cummins kapsitas 350KVS. Air radiatornya berubah menjadi hijau setelah operasional selama 6 bulan.running hour-nya baru 80jam. Dan pada saat ini jika diopersikan 1 jam saja genset langsung mati karena over heating. Mungkin Bapak bisa bantu memberikan saran atau solusi.Terima Kasih sebelumnya..
siang pak, saya mw tanya,,
saya ada kendala di genset,
kenapa ia pada saat di kasih beban tegangan nya drop, frekuensi drop, tapi RPm tetap seimbang gx berubah,,
mohon bantuannya ia pak.
terima kasih
Umunya yang menyebakan tegangan drop pada genset dibagi atas dua kondisi :
1. Pada saat tanpa beban :
RPM mesin tidak stabil, Pemasangan PMG tidak
tepat (miring),Kabel putus / kendor, Ada
kebocoran isolasi gulungan dengan frame /
ground, AVR rusak
2. Pada saat Berbeban :
Proteksi AVR bekerja karena exciter
overload, Beban terlalu tinggi (overload),
Power faktor terlalu rendah, RPM mesin drop
terlalu banyak, Kerusakan AVR
Generator rpm naik turun, generator cammin 175 kva, elektrik
kalo genset merk miura bagus kaga yah....buatan mana sih....
Izin share and copy Mas Taufan ...info yang bagus. thx
Numpang tanya bos....bagaimana cara melihat kapasitas genset secara riil?
Sya mau tanya bang, knpa aki genset cepat drop dan bikin aki cepat kembung padahal akinya baru dibeli.
Dan jg untuk pengisiian setrum akinya gak ada sama sekali. Tolong bang infonya KO sya beli aki terus...
Mas Rizal, untuk accu genset seharusnya ada auto charger accu yang digunakan untuk mencharge accu secara auto, dimana power diambil dari listrik PLN.
biasanya jika dalam genset tidak menggunakan auto charger, maka untuk mencharger accu hanya mengandalkan dari genset pada saat beroperasional. untuk itu harus menyalakan genset sesering dalam waktu lebih lama dari genset yang sudah menggunakan auto charger, guna mencharge accu dan memastikan accu tidak drop..
jika tidak demikian maka accu akan drop atau lemah dengan sendirinya, karena tidak memeperoleh daya listrik. (Cahrger).
Apa penyebab genset mati mendadak,?..
mau minta bantuan suhu nih, genset kami 250kva, rpm nya 1500 tapi frekwensi 55, mohon bantuan bang suhu....terima kasih
slm sejahtra pak. sedikit mau nanya tentang perawatan engine. sya bekerja di satu perusahan yg memiliki engine catepilar bekapasitas 400kw/500kva. sya bingung dgn suhu/temperaturnya akhir2 ini sangat tinggi saat pengoperasian. terakhir sya mencatat suhunya mencapai 92°C. sedangkan perawatannya sya lakukan pengecekan dlm 2 x seminggu ( air radiator, oli mesin, pompa air )dan maintenance setiap 250 jam. bagaimana cara mengatasinya pak agar suhu/temperaturnya kembali normal. trimakasih......
Salam.....mohon petunjuk bagaimana penanganan generator mati setelah 1 jam di sebabkan over heating
asalamualaikum wr.wb
Pagi pak,Genset saya merk cummins 450 kva kalo dihidupkanya gampang tetapi stelah hidup tidak setabil kaya solar tidak lancar,saya coba ganti filter tetap saja tidak berhasil,apa penyebabnya mohon saran dan arahannya.terimakasih.
asalamualaikum wr.wb.
Comlam,kalau blh saya komentar pak elon.coba cek bbm,kmungkinan bbm masuk angin,coba di pompa buang anginya dlu,trus cek potensio dan sped control,apkah msh bgus atau tidak.hormat saya rabuandi
Gan.. mau tanya.. Genset Cummins 625 kva model J5G680 ketika di bebani cos phi nya ko' rendah ya.. 0.08 bagaimana menaikkannya..?
Dear pak Boss,,
kl kebocoran oli di genset 1500kva merk caterpilar di sebabkan krna apa ya?
kalo menururt saya..kalo suhu mesin naik terus sampi 92 coba cek lagi termostatnya..karna sitem pendinginan tu terdiri radiator..termostat terus pompa...jika tidak coba anda cabut termostatny..jadi air tidk tertahan airny terus mengalir yg digerakkn pompa..pasti dingin de..itu untuk emergensi
Dear Pak
Sebaiknya posisi dailly tank bahan bakar itu letaknya lebih tinggi dari injektor pada genset atau boleh sejajar bahkan lebih rendah....mohon penjelasanya tks
Salam smuanya...
Mohon arahan nya saudara semua...
Saya bekerja dalam suatu perusahaan yg menggunakan 2 genset auto(01) dan manual (02)
Kalo yang 02 status bagis dan bisa digunakan.
Tapi yang 01 jika di hidupkan tanpa beban listrik,bisa hidup lama.
Dan setelah di bebankan listrik,genset hidup hanya +- 10 menit dan setelah itu mati dan harus di hidupkn ulang.
Kira2 permasalahan nya terletak dimana om..???
Terimakasih
btw bahan bakar buat genset biasanya pake apa ya?
Salam shifu
Brhubung ada kendala,ane mw nanya
Genset pramac ane yg gedee (g paham namanya) dstart bunyi tp g ngangkat...
Ada yg blg msuk angin,
Mhon bntuannya
Thx
salam,bapak sy memepunyaie genset 200kva sering terjadi apabila genset dihidupkan secara auto atau menual enjin genset hidup seperti biasa..tetapi apabila di matikan enjin genset turut mati ..masaalahnya starter genset tetap berpusing hidup tidak mahu mati...di cabut kepala beteri baru starternya mati ..boleh bapak g thu apa masalahnya
Salam semuanya...
Mau tanya untuk genset egs...
1.penyebab altenator terbakar
2.baru penggantian avr disiang hari kemudian dimalam hari avr rusak lagi..apa penyebabnya
3.Berapa standar meger untuk altenator dan exiter.
Mohon dijawab....
Tks suhu2
Menurut saya,Kalo genset cpet panas ,kmungkinan core radiator nya sudah kotor atau melipat. Dan biasanya di cleaning pakai water sprayer / 500 jam operasi
mau tanya pa tempat posisi alaram genset wimpower posisi bagian mana ?
mau tanya posisi alaram genset winpower bagian mana ?
Misi numpang tanya . Untuk genset honda 10kva bagusnya pake oli apa dan brapa liter . Sama ada keluhan pas nyala pake beban kalo terlalu panas suka mati sendiri . Mohon bantuannya terima kasih
Misi Gan,...
Numpang buka lapak, Bagi yang butuh radiator genset bisa hubungi 081297270038
Terima Kasih..
ELECTRICAL PANELINDO
Usaha yang bergerak dalam bidang jasa:
• Kontraktor Mechanical & Electrical
• Maintenance Mechanical & Electrical
• Engine Diesel, Parts Diesel & Electrical panel maker
• Perbaikan dan Layanan Overhaul Mechanical / Electrical,
Rewinding & Repairing Electric Motor, Transformator dan Generator
• Project Construction
Dengan berbagai macam merk untuk bidang kegiatan ,
Didukung dengan tenaga ahli yang sudah berpengalaman puluhan tahun
untuk masalah perbaikan dan pemeliharaan.
Kami hadir sebagai mitra anda dalam segala permasalahan Mesin Diesel ,
Mechanical dan Electrical Mesin Diesel anda. Kami juga melayani service
dan perbaikan di seluruh Indonesia
Email : info@electricalpanelindo.com
Website :
www.electricalpanelindo.com
http://electricalpanelindo.blogspot.co.id
http://artopaneletrica.blogspot.co.id
http://panelistrindo.blogspot.co.id
http://paneltekno.blogspot.co.id
Contact Person :
+62 81318261117
wah artikelnya komplit banget seperti genset saya. makin membuka wawasan tentang genset
Avip : genset Hartect yanmar HT 10 Y alarm berbunyi saat selang beberapa waktu si start engine itu kenapa Y ? Mohon dibantu terima kasih
Pak mw tanya gmn cara pasang avr type gb170 saya uda pasang avr tersebut sesui diagram yg ada di buku avr cuman ketika gk ada beban voltase normal ketika di kasi beban voltase naik seketika bisa mencapai 500 volt saya tes di 380 nya/ phase+phase. Generator daiho 3 phas 20 kva yang pakek karbon bruss.avr uda gamti baru. Mohon pencerahannya
Pak mw tanya,kalau genset KTA19-G2 pada saat hidup keluar banyak Asap Putih,tidak hilang padaha sudah lama hidup,apakah ada masalah di Ring piston atau di PT Pumpnya atau yang lainnya.
Mohon pencerahannnya.
maaf mungkin bisa mengirimkan rincian dan harga perawatan/service genset 120KVA .
dimassetiawan280996@gmail.com
terimakasih
selamat siang,, apa ada prosedur yang harus diikuti dalam penggantian oli turbin ????
Mantapp...gara2 artikel ini, bisa benerin genset sendiri. Keren dahh..!! Makasih banyak.
Genset perkins 350kva jalan tanpa beban bbrp kemudian mati sendiri...
Mohon masukannya gan
Maaf numpang share jika sedang mencari genset mulai dr yanmar,perkins,cummins, mitsubishi,doosan,kubota,fawde,isuzu. Bisa menghubungi saya dengan harlih di 087884488700 ( harga sangat bersaing) thanks
ass. mohon pencerahannya suhu. cara membuang anginan pada genset cummins injeksi gmana om?
Ass mau tanya om. Genset sya gx gx nyala tpi di setater ada cuma gx nyantok. Katanya di pompa. Udh sya coba tpi ttp aja gx nyala. Kira2 apanya yaa.. mohon bantuannya
Suhu mau nanya klu genset cumming pada panel control otomatis muncul gambar simbol oli dan genset tidak bisa hidup apa permasalahan nya pada sensor swite oli dan apa bisa di perbaiki?
minta bantuannya dong harga dioda buat genset mitsubishi 1000 kva.?
Genset and Diesel Generator Informations are good. Thanks For sharing this post .Keep Sharing.
If you want to check more details on perkins Generators click here Perkins Generators
Pak genset 670 kva,oli mesin kapasitas brapa liter?? Makasih
Mas, mohon informasi bearing yang dipakai untuk Generator pada DG EGS 300.
Assalamualaikum pak mau nanya untuk mengganti filter solar cumming 1500 kva tiap brpa jam ya?????
Assalamualaikum pak mau nanya untuk mengganti filter solar cumming 1500 kva tiap brpa jam ya?????
gan mau tanya, ane punya Genset Perkins 100 kva di pabrik bos. kira2 oli yang cocok tapi murah untuk genset tsb apa ya?
Mohom pencerahan...kalo fault bearing sensor high...
Ikut nyari grup WA tentang Genset nya makasih banyak🙏
Artikelnya bermanfaat banget, terimakasih ya.
Info aja nih, bagi yang membutuhkan Tempat Sewa AC Jakarta untuk berbagai acara yang diselenggarakan bisa menghubungi kami Arthur Teknik.
Info lebih lengkap tentang kami bisa cek di sini http://id.arthurteknik.com
pak mau tanyani perbedaan dari genset pakai kumparan tembaga dan genset pakai kumparan alumunium dari segi performanya gmna ya
Mau nanya ni...
Didesa kami pake mesin perkins wilson 250 kva, apa bila beban mau menunjuk 160 amper langsung mati padahal awalnya bisa sampe 250 ampere, filter oli dan solar sdh diganti, apa penyebab dan bgmn solusinya
Minta bantuannya...
Didesa kmi pake mesin 250kva merk perkins wilson, bila beban akan masuk 160 amper mesin akan mati padahal sebelumnya bisa sampai 250 amper, filter oli dan solar sdh diganti tapi tetap drop, mohon bantuan dan solusinya. Trima ksi
Sekitar 45 liyer
Mas minta bantuannya bagaimana cara membaca hm pada mesin genset 200 KVA merk catetpillar.soalnya yg si monitor kok ngak muncul apakah ada kod nya mengenai hm tersebut.tksh
Bisa minta buku manual engak bos....
Mohon bantuan...
Mohon bantuan cara melepas nozel Genset man 12 cilinder? Apakah ada spesial tool
Mau tanya pak penggantian aircleaner genset perkins diganti setiap berapa hm,tks.
Mau tnya pak..
Gmn solusinya kl termostat & radiator msh panas..thx pak
Untuk penggantian air cleaner biasanya ada indikatornya dia.klo indikatornya sdh merah berarti air filternya sdh ngeblok. Atau klo tidak ada indikatornya biasanya 1/2thn tergantung pemakaian dan udara sekitar
Bagaimana maksudnya klo thermostat dan radiator msh panas? Klo thermostatnya di lepas dia pasti adem enginenya tp pembakaran tidak maksimal nun klo misalnya thermostatnya sdh dilepas tp masih panas berarti sirkulasi colingnya sdh musti di service pak.diflushing tsb.
Maaf pak suhu,,numpang tanya.
Genset cumming Herta nya naik turun/rpm.penyebab nya apa ya??
Maksud nya Hertz
Maaf suhu mau nanya kalo misalkan genset hanya di lakukan pemanasan selama 1 minggu 2hari dalam waktu 15menit apakah accu genset akan lemah atau rusak??
Mau tanya pak bos, nomor mesin genset cat 12 silinder di sebelah mana ya. Makasih
Mau tanya pak, untuk temperatur oli dan radiator umumnya biasanya brp ya pak?
Gan,nomor bearing genset merk RYU NP 1500 yg sering di pakai brapa ya?
Mohon info nya
sangat bermanfaat gan artikelnya
oh iya jika agan memerlukan sewa genset jakarta bisa ke kami y..
Bang kalau tekanan oli nya yang turun naik itu penyebabnya apa yh
Bearingnya dikasih pelumas apa yang bagus?
Akhirnya ketemu info yg saya cari, dengan penyampaian dan penjelasan yg mudah di fahami. untuk info kelistrikan lainnya dapat kunjungi "Voltechno.net"
Thanks
www.electricalpanelindo.com
Post a Comment